Rabu, 19 Oktober 2011

Bentuk Komunikasi Berdasarkan Media


Komunikasi visual, sesuai namanya, adalah komunikasi melalui penglihatan. Komunikasi visual merupakan sebuah rangkaian proses penyampaian kehendak atau maksud tertentu kepada pihak lain dengan penggunaan media penggambaran yang hanya terbaca oleh indera penglihatan. Komunikasi visual mengkombinasikan seni, lambang, tipografi, gambar, desain grafis, ilustrasi, dan warna dalam penyampaiannya.
Sumber: Rohim,Syaiful.2009. Teori Komunikasi: Perspektif,Ragam, & Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_visual

Komunikasi Verbal adalah komunikasi yang disampaikan komunikator kepada komunikan melalui lisan atau dengan tertulis

Pada dasarnya, komunikasi nonverbal adalah komunikasi tanpa kata-kata dan meliputi pesan yang diciptakan melalui gerakan tubuh, penggunaan ruang, dan penggunaan bunyi, dan suara. Meskipun komunikasi nonverbal tidak meliputi bahasa, komunikasi nonverbal dapat bersifat vokal ataupun nonvokal.

Dalam Presentasi yang dilakukan oleh Bapak Iman kemarin media yang digunakannya adalah visual, verbal dan vocal karena semua bahan yang dipresentasikan mencakup ketiga media komunikasi tersebut.

Kesan yang dapat saya ambil mengenai presentasi Bapak Iman kemarin adalah sangat baik karena melalui pelajaran teknik komunikasi dan presentasi ini kita dapat mengembangkan bakat yang kita miliki seluas-luasnya sesuai minat dan keahlian masing-masing.

Hubungan dengan masa depan kita adalah melalui pelajaran teknik komunikasi dan presentasi ini kita tidak hanya berpeluang pada satu bidang pekerjaan saja terutama bidang tata kota saja, kita dapat merambah bidang lain yang kita rasa dapat kita lakukan dengan materi dari teknik komunikasi dan presentasi yang kita sudah pelajari dan kuasai.

2 komentar:

  1. bang itu kan bentuk komunikasinya ada 3, dari 3 itu lebih bagus kalo di blok di setiap bigiannya pada Komunikasi visual, verbal jadi lebih jelas. komunikasi vokalnya ko ga ada ya bang :)

    itu sumbernya dari wikipedia dari wikipedia juga kan ada penulisnya bang lebih bagus kalo penulsnya dicantumkan juga :)

    BalasHapus